Kamis, 15 April 2010

jenis kupu

200 Jenis Kupu-Kupu Terindah di Dunia ada di Indonesia

Tidak salah jika ada yang mengatakan bahwa negeri kita adalah 'seonggok' tanah surga yang di lemparkan ke bumi. Sehingga menjadi tempat yang nyaman bagi berbagai makhluk hidup di dunia ini, tidak terkecuali jenis serangga seperti Kupu-kupu. Bahkan diantarnya hanya terdapat di Indonesia, mari kita mengenal mereka.

Ratusan jenis kupu-kupu hidup di Indonesia. menurut sebuah catatan di dunia terdapat sekitar 20.000 spesies Kupu-kupu. Indonesia adalah negara kedua pemilik kupu-kupu terbanyak di dunia Indonesia sekitar 2.500 jenis kupu-kupu. Brasil di hutan belantara Amazon memiliki jenis terbanyak.

Keindahan kupu-kupu dapat kita lihat dari berbagai macam bentuk sayapnya yang indah, bahkan beberapa jenis kupu-kupu di Indonesia menjadi endemik bagi suatu daerah, sehingga tidak akan ditemui dibelahan dunia manapun seperti Cethosia myrina yang dikenal sebagai kupu-kupu sayap renda yang hanya dijumpai di Sulawesi, Trogonoptera brookiana yang dikenal sebagai kupu-kupu raja Brooke yang dijumpai di Sumatera dan Kalimantan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar